Rabu, 28 Maret 2012

peta perekonomian indonesia


Nama : Sharfina Meiza.N
Npm : 26211727
Kelas : 1eb24



A. Keadaan geografis Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan pertemuan 2 samudra yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan yang kira-kira luasnya +/- 195 sampai 200 juta Ha. Hal ini dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian indonesia , namun sebaliknya hal ini dapat menjadi ancaman bagi perekonomian indonesia. dalam kenyataan pertama Indonesia memiliki banyak pulau yang sangat luas,indah dan kaya dengan sumber daya yang sangat melimpah. dalam kenyataan yang kedua Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan, dalam musim ini dapat menyebabkan beberapa produk indonesia memiliki sifat yang spesifik dengan demikian sangat diperlukan usaha yang sangat keras agar produksi indonesia laku di persaiangan dipasar dunia dan lokal.
Indonesia juga kaya dengan hasil tambangnya seperti minyak bumi yang dapat membantu pertumbuhan indonesia. Indonesia memiliki lokasi yang sangat strategis yang dapat dimanfaatkan untuk lalu lintas ekonomi.

B Mata pencaharian
 Sebagian besar mata pencaharian penduduk indonesia adalah pertanian , perikanan dan perkebunnan.
      



yang perlu di waspadai dalam sektor pertanian,bahwa komoditi yang dihasilkan tidak sebanding dengan komoduiti industry.Maka sebagian besar penduduk Indonesia yang bertani tertinggal dengan adanya industry.
jika ini tidak ditindak lanjutin maka terjadi benarlah teori ketergantungan.
cara penanggulangannya :

  1. para petani diberi pola pembinaan serta dilengkapi sarana dan prasarannya.
  2. meningkatkan nilai  tambah komoditif pada pertanian.
  3. serta menunjang kegiatan transmigrasi. 
C. Sumber daya manusia
Indonesia merupakan suatu negara yang berkembang. Indonesia juga menghadapi banyak permasalahan tentang sumber daya manusia diantaranya :
a. pertumbuhan penduduk yang masih tinggi 
b. penyebaran penduduk yang kurang merata.
c. mutu penduduk yang masih relatif rendah.
 pertumbuhan penduduk yang masih tinggi dapat membahayakan negara kita.
banyaknya penduduk dapat menambah sumber daya produktif terhadap sumber daya manusia yang belum produktif.(anak-anak,manula&pengangguran dsb)yang mengakibatkan masalah-masalah sosial yang cukup rumit.adapun tindakan pemerintah:

  • Melaksanakan program berencana bertujuan agar kelahiran dapat di kendalikan
  • Meningkatkan sumber daya manusia dengan pendidikan formal maupun informal,sehingga dapat menunjang produktifitas.
Persebaran penduduk Indonesia tidak merata yang mengakibatkan tidak seimbangnya perekonomian secara umum.Penduduk akan bertransmigrasi kemana tempat yang akan menguntungkan baginya seperti: pulau jawa.
Dengan tidak meratanya penduduk maka upah pekerja akan menjadi rendah dimana tempat yang banyak tenaga kerja nya seperti pulau jawa: penduduk dari luar pulau jawa datang dan mengakibatkan menyempitnya lapangan pekerjaan sehingga penawaran gaji pekerja lebih rendah.
maka secara tidak langsung kondisi ini akan menyebabkan turunya pertumbuhan industri dan secara otomatis akan menghambat pertumbuhan ekonomi secara nasional.Tindakan yang telah dilakukan pemerintah adalah:

  • Penyelenggaraan program transmigrasi penduduk ke daerah-daerah yang membutuhkan.
  • Memperbaiki dan menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru di daerah-daerah yang tertinggal.sehingga penduduk sekitar tak perlu ke kota atau transmigrasi.
Komposisi penduduk yang tidak seimbang dapat menimbulkan proses regenerasi kegiatan produksi menjadi tidak lancar.Dengan demkian perlu disiapkan tenaga kerja muda dengan pendidikan formal maupun informal.
langkah-langkah yang akan dan telah ditempuh pemerintah untuk mengatasi hal ini:
  • Meninjau kembali sistem pendidikan di Indonesia yang bersifat umum.
  • Menciptakan sarana dan prasarananya pendidikan yang lebih mendukung
Adapun sarana kebijaksanaan tenaga kerja indonesia meliputi hal-hal berikut:
  1. Memperluas lapangan pekerjaan
  2. Membina angkatan kerja baru yang memasuki pasar melalui latihan ketrampilan untuk berusaha sendiri maupun untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia.
  3. Membina dan melindungi para pekerja melalui mekanisme hubungan kerja yang dijiwai oleh Pancasila dan UUD45
  4. Meningkatkan peranan pasar kerja,agar penyalur,penyebar dan pemanfaatan tenaga kerja dapat menunjang kegiatan pembangunan.
  5. Memperlambat laju pertumbuhan dan meningkatkan mutu tenaga kerja

D.INVESTASI

      Dalam kondisi tertentu masih sulit untuk mengharapkan dana investasi dari masyarakat.Untuk itulah pemerintah menggunakan selisih penerimaan dan pengeluaran negara untuk pengeluaran negara.tetapi,pemerintah tak bisa terus menerus menggunakan tabungan itu.Harus ada upaya
  • Lebih mengembangkan ekspor komoditi non-migas,sehingga secara absolut dapat meningkatkan penerimaan pemerintah dari sektor luar negeri.
  • Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri yang memiliki syarat lunak,serta menggunakan untuk kegiatan investasi yang menganut prinsip prioritas
  • Menciptakan iklim investasi yang menarik dan amanbagi penanam modal asing
  • Lebih mengigiatkan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan perkreditan,terutam kredit untuk golongan lemah.
































sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab3-peta_perekonomian_indonesia.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar